Skip to main content

Menjadi Sesuatu Dengan NgeBlog

Semangat Pagi
Selamat pagi, lama juga saya tidak menulis di blog ini. Sambil menyeruput kopi hitam pahit saya ingin berbagi hal yang bisa saja Anda anggap penting atau tidak, soal alasan sesorang membuat blog.

Ada banyak alasan dan motivasi seseorang membuat Blog, mulai dari iseng-iseng saja, hobi nulis hingga ingin mendapatkan duit dari sini. Kalau saya sendiri alasan awal karena memang suka nulis dan ada begitu banyak hal yang ingin disampaikan meskipun di perjalanan tergoda juga menjadikan blog sebagai jalan mencari rezeki. Alasan yang terakhir ini mungkin ada yang menganggap "nyinyir", tapi jika itu sesuatu yang tak merugikan orang lain, dengan jalan halal kenapa tidak.

Rupanya, jika hanya bermotivasikan pingin dapat duit semangat ngeblog bisa flutuatif. Di awal-awal begitu semangat tapi di tengah perjalanan seperti kehabisan bahan bakar ngadat dan seringkali berhenti di perjalanan. Ada banyak blog saya yang gulung tikar karena alasan tersebut. Karenan memang jika hanya ingin mendapatkan duit ngeBlog memang bukanlah sesuatu yang instant, ada proses dan butuh waktu. Proses inilah yang jika niat awalnya tak sekedar mencari duit justru bisa membuka kesempatan lain mendapatkan banyak hal bermanfaat tak hanya sekedar duit saja.

Mungkin masih ada yang bertanya tanya apakah benar yang saya ceritakan di atas? 
Sekali lagi saya yakinkan percaya dengan cerita saya. Soal bagaimana ngeblog bisa mendapatkan duit anda pasti sudah pernah membaca beragam tulisan yang banyak beredar di jagad maya. Tapi bagaimana blog membuat menjadi sesuatu yang bermanfaat bagi orang lain inilah yang ingin saya bagikan.

Sekira setahun lalu saya membuat blog yang mengulas bagaimana belajar pemodelan 3D menggunakan Sketchup. Blog tersebut saya buat karena selama ini blog khusus yang membahas hal tersebut masih jarang, apalagi yang berbahasa Indonesia, apalagi yang gratis. Akhirnya dengan sedikit kemampuan Sketchup saya mulai menulis artikel dan tutorial sederhana tentang Sketchup. Bagaimana hasilnya? Ternyata sambutannya luar biasa. Ada banyak orang yang merasa terbantu dengan blog tersebut, merek bisa belajar Sketchup dengan gratis. Diantara mereka ada juga yang menghubungi saya, ingin kursus privat dan sebagainya, namun karena keterbatasan waktu sementara saya belum bisa memenuhi permintaan mereka. Satu hal yang pasti blog tersebut memberi kemanfaatan bagi banyak orang.

Satu lagi, pengalaman paling baru, blog pribadi saya ini. Blog ini saya buat sudah lumayan lama, sekira tahun 2007. Waktu itu saya masih getol-getolnya nulis, sampai-sampai apapun saya tulis dan posting. Salah satu postingan saya tentang sejarah di kota kelahiran saya, Tulungagung, rupanya dikunjungi oleh seorang yang sudah sepuh, kebetulan lahir di kota ini. Entah kenapa beliau tertarik sampai menelpon saya dan ingin berbagi pengalaman hidupnya sewaktu kecil. Pengalaman hidup saat peristiwa agresi militer tahun 49 itu dikirim lewat pos dan di lain waktu pasti akan saya bagi di blog ini.

Catatan Kisah Pengalaman Masa Kecil Pak Komsin


Satu kesimpulan saya ngeBlog bisa membuat Anda menjadi sesuatu. Pastikan sesuatu tersebut adalah yang bisa memberi kemanfaatan tak hanya bagi orang lain tapi juga Anda sendiri.

Karanggede, 18 Maret 2017
Fathoni Arief

Berbagi takkan pernah membuatmu merugi

Comments